Tuesday, August 13, 2013

Bahasa Melayu






BAHASA MALAYU alias BAHASA PERSATUAN NUSANTARA INDONESIA RAYA




Pada awal abad ketujuh belas kebudayaan Melayu merupakan salah satu kebudayaan terpenting dan berpengaruh di Nusantara dan bahasa Melayu menjadi bahasa yang dipilih oleh para misionaris untuk menyiarkan agama Nasrani yang diprakarsai oleh bangsa Portugis, dan dilanjutkan oleh bangsa-bangsa Eropa lainnya, terutama Belanda dan Jerman.




Bahasa Melayu juga digunakan oleh penjajah Eropa (Belanda dan Inggris) sebagai bahasa pengantar di bidang administrasi dan komunikasi dengan bangsa “pribumi” di seluruh kawasan penjajahan Inggris dan Belanda termasuk di daerah yang tidak berbahasa Melayu seperti di Jawa, Bali, dan Indonesia bagian timur. Bahasa Melayu kini menjadi bahasa nasional di Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura dengan jumlah penutur yang mencapai hampir 250 juta orang.




Prasasti-prasasti yang diwariskan oleh Sriwijaya yang semuanya berasal dari abad ketujuh dan berbahasa Melayu Tua membuktikan bahwa bahasa Melayu adalah bahasa yang sangat tua, akan tetapi pengetahuan kita tentang perkembangan bahasa Melayu sesudah itu sangat terbatas. Hal itu dikarenakan jarangnya prasasti yang berbahasa Melayu, sementara naskah Melayu yang ditulis pada kertas tidak dapat bertahan lama di iklim tropis sehingga hanya sejumlah kecil naskah yang ditulis sebelum abad ketujuh belas masih ada sampai sekarang. -syah

No comments: